Tahap Melatih Bayi Duduk Sendiri Dalam Masa Tumbuh Kembangnya

Tahap Melatih Bayi Duduk Sendiri Dalam Masa Tumbuh Kembangnya

Terdapat fase perkembangan bayi yang harus dilewati. Ada batasan atau red flagnya, bila bayi tidak bisa melakukan fase tersebut. duduk termasuk fase penting dalam tumbuh kembang bayi. Bayi bisa duduk sendiri di usia 4 hingga 9 bulan. orang tua pasti tidak sebar untuk melihat buah hati duduk sendiri. oleh karena itu bunda harus melakukan stimulasi secara rutin. Berikut ini tahapan melatih bayi duduk sendiri yang harus dilakukan.

Tahap Awal Belajar Duduk Sendiri

Saat belajar duduk, bayi akan memiringkan badannya dengan menggunakan lengan. Kemudian otot leher, otot besar, otot perut, otot bahu, pinggang dan punggung akan semakin berkeja. Di tahap awal ini sangat penting untuk melatih otot motoriknya. Sehingga bisa melakukan ke tahap selanjutnya.

Tahap Membangun Keseimbangan

Tahapan selanjutnya adalah membangun keseimbangan tubuh. Di usia 4-6 bulan. otot punggung bayi semakin kuat. Ia mulai bisa duduk sendiri walaupun masih di bantu tangan untuk menopang tubuh. Tahapan keseimbangan ini juga tidak kalah penting. Sehingga tidak terjadi masalah neuromuskuler yaitu saat kinerja sistem otot dan saraf tidak bekerja dengan baik. jika terus melakukan hal ini, otot punggung akan semakin stabil dan keseimbangan semakin baik.

Tahap Belajar Duduk Stabil

Setelah melakukan kedua tahapan diatas, akhirnya bayi bisa belajar duduk sendiri. di awal bayi bisa duduk selama 1 hingga 3 detik saja. oleh karena itu bunda harus berada di sampingnya terus. Berikan bantal supaya bayi tidak sakit saat terjatuh. Atau anda bisa melatihnya di kasur yang tipis.

Tips Membantu Bayi Duduk Sendiri

Ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan supaya bayi bisa belajar duduk sendiri. lakukan stimulasi akan membantu bayi bisa duduk dengan lebih baik. berikut ini beberapa hal yang bisa bunda lakukan.

  • Membiasakan bayi dalam posisi terlentang atau tummy time sejak kecil. Letakan mainan yang berbunyi untuk menarik perhatian di kecil
  • Anda bisa menggunakan bantal atau handuk yang diguling untuk membantu menopang bagian pundaknya. Sehingga otot bahu, leher dan punggung tertopang dengan baik
  • Posisikan bayi dalam posisi telentang, kemudian tarik kedua tangannya hingga ke posisi duduk
  • Gunakan kursi bayi untuk membantu bayi belajar duduk

Jika usia 9 bulan bayi belum bisa duduk sendiri. segera lakukan konsultasi ke dokter anak.  Karena mungkin ada masalah yang terjadi. untuk bayi prematur kemudian bayi bisa duduk sendiri memang sedikit terlambat. Pancing dengan mainan yang menarik anak, sehingga dia mau duduk sendiri. setelah bisa duduk sendiri anda bisa menstimulasi ke fase tumbuh kembang lainnya. sekian informasi tentang tahapan melatih bayi duduk sendiri. semoga bermanfaat.

About the author