Jangan Panik, Ini 8 Cara Atasi Luka Bakar Pada Anak

Jangan Panik, Ini 8 Cara Atasi Luka Bakar Pada Anak dari SehatQ.com

Sebagian besar anak-anak pasti memiliki bekas luka. Entah itu luka gores dari benda tajam atau terbakar sesuatu seperti terkena api dan air panas. Biasanya bekas luka inilah yang susah untuk dihilangkan karena merusak permukaan kulit. Oleh sebab itu untuk menghindari bekas luka pada anak berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi luka bakar.

  1. Segera Berikan Pertolongan Pertama

Saat seorang anak terkena api atau hal lainnya yang menyebabkan luka terbakar, hal pertama yang harus dilakukan adalah jauhkan anak dari sumber panas. Setelah itu letakkan bagian yang terbakar di bawah aliran air kran yang sejuk selama lima belas menit. Hindari pemakaian seperti odol dan mentega karena pemakaian itu hanya akan membuat luka membekas di kulit.

  1. Oleskan Petroleum Jelly

Selain menghindari bekas luka akibat terbakar penting juga untuk menghindari terjadinya infeksi pada kulit. Hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari infeksi adalah dengan mengolesinya menggunakan petroleum jelly. Jelly ini juga berfungsi agar luka tidak kemasukan bakteri dan membuat luka cepat kering.

  1. Lindungi Luka dengan Perban Tidak Ketat

Setelah luka yang dialami sudah diobati alangkah baiknya segera ditutup menggunakan perban. Saat menutup dengan perban juga ada hal yang harus diperhatikan yaitu pastikan perban tidak ketat dan tidak menempel di kulit. Gunakan perban khusus karena perban khusus luka berfungsi untuk melembapkan serta mendinginkan kulit yang terluka.

  1. Tidak Menyentuh atau Memecahkan Luka Melepuh

Kebanyakan saat terkena api atau benda panas lainnya luka akan sedikit melepuh atau menggembung. Biasanya anak-anak akan gemas sekali untuk menggaruk atau menyentuhnya agar luka itu pecah. Pastikan agar anak tidak melakukan hal tersebut karena jika itu terjadi luka berpotensi meninggalkan bekas bahkan terjadi infeksi.

  1. Tidak Menggaruk Luka yang Sudah Kering

Luka yang sudah sembuh biasanya ditandai dengan bekas yang sudah mengering. Meskipun sudah mengering pastikan untuk mengingatkan anak Anda untuk tidak menggaruknya. Hal ini dikarenakan jika luka yang sudah mengering digaruk berpotensi menimbulkan luka atau iritasi baru. Usahakan dibiarkan saja agar kulit mati lepas dengan sendirinya dan muncul kulit baru.

  1. Lindungi dari Sinar Matahari

Meski luka sudah sembuh dan mengering akan tetapi bisa dibilang luka masih dalam keadaan sensitif dari hal luar. Oleh sebab itu jika luka sudah tidak ditutup dengan perban pastikan tetap menggunakan tabir surya agar terhindar dari sinar matahari langsung. Gunakan rutin selama 6 bulan agar luka tidak berisiko mengalami terbakar karena sinar matahari.

  1. Kompres Dingin

Pertolongan lain yang bisa Anda lakukan selain hal di atas adalah dengan dikompres menggunakan es atau kain yang sudah dibasahi. Hal ini dipercaya selain meredakan rasa panas pada kulit juga meredakan nyeri serta bengkak. Pastikan hanya mengompresnya tidak lebih dari 15 menit karena jika terlalu lama akan membuat iritasi pada luka.

  1. Oleskan Aloe Vera

Aloe vera atau yang sering disebut dengan tanaman lidah buaya dipercaya obat yang sangat efektif untuk menyembuhkan luka bakar. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi serta menghambat pertumbuhan bakteri. Cara menggunakannya pun mudah Anda langsung bisa mengoleskan lidah buaya ke area yang mengalami luka atau iritasi.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan saat orang di sekitar Anda saat mengalami luka khususnya luka karena terbakar. Selain itu sekarang sudah ada aplikasi SehatQ yang membantu memberi informasi masalah kesehatan. Selain memberi informasi masalah kesehatan aplikasi SehatQ juga memberi info penyakit serta cara untuk menghindari serta menyembuhkannya.

About the author