KLASIFIKASI MAKANAN KUCING, MANAKAH MAKANAN KUCING TERBAIK?

KLASIFIKASI MAKANAN KUCING, MANAKAH MAKANAN KUCING TERBAIK?

Jika Anda pecinta kucing, makanan merupakan masalah krusial yang Anda hadapi. Apalagi jika kucing yang Anda miliki banyak dan berbeda jenis. Tentu Anda akan mencari tahu makanan kucing terbaik mana yang akan Anda beli. Mulai dari kandungan dan sebagainya, sebab setiap jenis kucing punya treatment yang berbeda.

Sebagai pemilik tentu Anda menghendaki kucing Anda tumbuh dengan sehat dan bisa berumur panjang. Sekarang ini telah banyak merk makanan kucing yang tersedia di pasaran. Bentuknya pun sangat beragam. Namun, Anda harus selektif memilihnya.

Makanan kucing terbaik adalah makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi secara keseluruhan. Anda bisa melihat review review di media sosial untuk menentukan makanan kucing terbaik.

Sebelum memilih makanan Anda perlu mengetahui jenis dan klasifikasi makanan kucing. Berikut ini merupakan klasifikasi makanan kucing yang didasarkan pada pengolahan dan wujudnya.

Untuk detailnya, mari kita simak penjelasan berikut.

1. Berdasarkan Pengolahan

Berdasarkan pengolahannya makanan kucing dibagi menjadi 2 yakni, mentah dan matang

  • Makanan Mentah

Ini merupakan makanan yang tidak perlu diolah untuk diberikan kepada kucing. Sebagai sifat asli mereka di alam, memang kucing yang merupakan hewan karnivora yang suka memburu hewan kecil untuk dimakan secara langsung.

Berbeda dengan manusia, kucing dapat mencerna makanan mentah lebih baik. Karena mereka memiliki saluran pencernaan yang pendek dan enzim di dalam saluran pencernaan lebih asam, sehingga tidak masalah jika diiberikan makanan mentah.

Beberapa orang memberi makanan kucing secara mentah karena menilai akan lebih baik. Padahal tidak semua kucing suka makan makanan mentah. Bakteri yang terdapat pada makanan mentah juga bisa berbahaya bagi kucing. Jangan berikan makanan mentah jika kucing Anda tidak terbiasa.

  • Makanan Matang

Makanan kucing matang merupakan makanan yang dimasak terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kucing. Makanan ini bisa berupa makanan kemasan yang tersedia di petshop dan supermarket.

Beberapa bahkan memilih untuk memasak sendiri, karena menilai lebih bergizi dan ongkos yang dikeluarkan lebih murah. Mereka biasa membuatnya dengan campuran ikan, daging, dan bahan lain yang disukai kucing.

Makanan kucing matang ini lebih higienis sebab bakteri dan kuman yang terkandung telah mati saat dimasak. Makanan matang juga lebih mudah dicerna bagi kucing. Dinilai dari keamanannya makanan matang bisa dibilang makanan kucing terbaik. Namun, tidak secara mutlak demikian. Tiap kucing punya makanan kesukaannya sendiri.

2. Berdasarkan Wujudnya

  • Makanan Kering (Dry Food)

Di pasaran harga dry food lebih murah dibanding jenis makanan lain. Selain itu daya tahannya juga lebih lama dan mudah disimpan di manapun. Sayangnya, makanan dry food tidak terlalu menggugah selera kucing. Ini dikarenak dari segi tekstur, rasa, dan aroma kurang menarik kucing.

Dry food diolah di pabrik dan dikemas rapi seperti snack. Agar kering, dry food diolah dengan suhu tinggi. Hal tersebutlah yang menyebabkan tekstur, aroma, dan rasanya kurang kuat. Dry food dapat dengan mudah Anda temukan di pabrik.

  • Makanan Semi Basah

Makanan semi basah merupakan solusi bagi kucing Anda yang tidak menyukai makanan kering dan makanan basah. Makanan semi basah ini memiliki kandungan air sedikitnya 35%. Jadi, lumayan untuk memenuhi kebutuhan air kucing Anda.

  • Makanan Basah (Wet Food)

Makanan basah adalah makanan yang memiliki kadar air yang tinggi. Sekurangnya 75%. Makanan basah inilah yang seringkali disukai kucing. Kandungan airnya dapat mencegah kucing Anda dehidrasi. Aroma dan rasanya juga dinilai lebih enak.

Makanan basah atau wet food ini memiliki kekurangan yakni dapat menyebabkan karang gigi. Selain itu, harganya lebih mahal dan umur simpannya lebih pendek serta memerlukan ruang penyimpanan khusus, seperti kulkas.

Itulah klasifikasi dari makanan kucing yang ada saat ini. Sekarang telah banyak makanan kucing yang memiliki nutrisi tinggi. Anda hanya perlu memilih makanan kucing terbaik bagi kucing kesayangan Anda. Kesehatan kucing Anda adalah yang utama. Pastikan juga Anda memberikan makanan sesuai kebutuhan, jangan sampai berlebihan.

About the author