Menjelajahi Objek Wisata di Bali dan Keunikannya

Menjelajahi Objek Wisata di Bali dan Keunikannya

Dalam pemberlakuan PPKM, masyarakat disarankan untuk tetap diam di rumah. Di sisi lain, hal tersebut mengundang keinginan masyarakat untuk hidup layaknya sebelum pandemi. Seperti halnya berpergian ke tempat wisata dan menjelajahi objek wisata di Bali.

Berakhirnya masa PPKM per 6 september 2021, memberikan udara segar bagi masyarakat untuk menjelajahi Pulau Dewata mulai dari gunung sampai keindahan pantainya. Berikut adalah beberpa objek yang disarankan untuk kamu kunjungi.

Objek Wisata di Bali, Wajib Masuk ke List Destinasi

Merencanakan untuk berlibur ke Pulau Bali memanglah keinginan semua orang. Sebab tidak sedikit keindahan alam yang bisa kamu nikmati serta yang berkorelasi dengan penduduk lokal. Oleh sebab itu, wajib bagi kamu untuk melist objek wisata yang populer di Bali.

1. Tanah Lot

Kamu bisa berkunjung ke Tanah Lot, sebuah destinasi wisata religi bagi kepercayaan penduduk lokal. Dengan panorama pantai yang terbentang luas diantara batu karang, kamu bisa menyaksikan sunset yang bersembunyi di balik Pura Tanah Lot.

Disaat air laut pasang Pura Tanah Lot terlihat mengapung di atas air. Sedangkan disaat surut, tepat di bawah pura ada goa tidak terlalu besar yang dihuni oleh ular hitam. Bagi kamu, diharapkan untuk tidak mengusik ular itu.

Sebab hal itu memiliki korelasi dengan kepercayaan penduduk lokal.

2. Pantai Kuta

Selanjutnya kamu bisa ke Pantai Kuta. Satu dari sekian tempat wisata favorit yang ada di Bali. Pasir putih serta pohon yang menjulang tinggi di sepanjang garis pantai memberikan kenyamanan bagi kamu dalam menikmati waktu liburan.

Berdasarkan program kesehatan, Pantai Kuta sudah memenuhi syarat protokol CHSE atau Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability. Sehingga, kamu bisa menghilangkan rasa khawatir akan penyebaran virus dalam berkunjung ke Pantai Kuta.

3. Garuda Wisnu Kencana

Wajib untuk kamu untuk berkunjung ke GWK atau Garuda Wisnu Kencana. Selain pantai, Pulau Bali juga memaparkan keelokannya melalui sebuah karya seni patung. Bahkan patung Garuda Wisnu Kencana memiliki ketinggian.

121meter dan diakui dalam jajaran patung tertinggi di dunia. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk bisa menyaksikan berbagai pertunjukan tarian khas Bali di kawasan GWK. Salah satu tarian yang sering dibawakan ialah Balinese Dance, Garuda Wisnu Ballet.

Dan Barong Keris Dance.

Wisata Spiritual di Pulau Bali

Selain list wajib di atas, kamu juga disarankan untuk mengunjungi wisata spiritual di Bali. Sebab pulau Bali juga terkenal akan kemistisannya. Salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi ialah sebagai berikut:

1. Desa Trunyan

Masyarakat Desa Trunyan yang terletak di Kintamani, melakukan ritual yang cukup unik dalam proses pemakaman mayat. Biasanya, kamu akan melihat proses pemakaman dengan cara dikubur. Namun, kali ini kamu bisa menyaksikan pemakaman versi penduduk Desa.

Trunyan. Dengan cara meletakkan mayat di atas tanah yang di pagari bambu. Tentu hal tersebut membuat wisatawan yang berkunjung sedikit takut sekaligus dibingungkan oleh ilusi alam. Sebab, mayat yang digeletakkan di atas tanah tidak menyebarkan bau busuk.

Menurut kepercayaan penduduk lokal bahwa terdapat pohon besar yang dahulunya menyebarkan bau wangi dan untuk menyembunyikan kekayaan alam tersebut. Penduduk Desa Trunyan sepakat untuk meletakkan mayat di sekitar pohon besar itu.

2. Pura Tirta Empul

Selain Desa Trunyan, ada pula objek wisata di Bali yang memiliki kesan spiritual yaitu Pura Tirta Empul, yang berlokasi di Tampang Siring, Gianyar.  Bagi kamu yang berkeinginan mendapatkan harmoni baru. Kamu bisa berkunjung ke tampak siring untuk melukat.

Melukat merupakan istilah bagi kepercayaan penduduk lokal dalam pembersihan jiwa dan raga melalui air suci. Dalam Pura Tirta Empul, terdapat 14 pancuran yang dialiri air. Ke empat belas pancuran tersebut menjadi sumber utama bagi dua kolam di pura itu.

Tidak jarang wisatawan asing pun melakukan pengelukatan di dalam kolam tersebut sebab air yang segar mampu menenangkan jiwa dan raga serta memberikan kesan tersendiri dalam perjalanan wisata.

3. Pura Taman Mumbul

Untuk yang terakhir, kamu bisa berkunjung ke Pura Taman Mumbul yang berlokasi di Kabupaten Badung. Sejarahnya bahwa Pura Taman Mumbul atau yang sering disebut sebagai Sangeh merupakan sebuah desa yang dihuni oleh monyet yang bebas berkeliaran.

Dan sangat dijaga keberadaannya. Sebab, kembali lagi kepada kepercayaan penduduk lokal bahwa dahulunya monyet tersebut memiliki seorang raja dengan tiga wilayah kerajaan. Berdasarkan mitos setempat bahwa dahulunya Ida bhatara Gunung Agung ingin pindah.

Ke wilayah Mengwi kemudian Hutan Pala yang berasal dari di Gunung agung juga ikut pindah secara mistis pada malam hari. Ketika dalam perjalanan, tepatnya di Sangeh. Tanpa sengaja, penduduk setempat melihat kejadian tersebut dan hal itulah yang menyebabkan.

Hutan itu tidak bisa pindah kemanapun dan menetap di tempat yang saat ini di kenal dengan Sangeh.

Nahh, itulah beberapa list objek wisata di Bali wajib kamu jelajahi. Semoga bermanfaat buat kamu dan mampu memberikan pengetahuan tambahan dalam merencanakan untuk berlibur bersama keluarga atau teman terdekat.

Objek wisata di Pulau Bali yang wajib kamu kunjungi. Terdapat beberapa tempat favorit yag dipilih oleh wisatawan sebagai tujuan utama berlibur ke Bali.

About the author